3 Fungsi Keluarga Yang Membentuk Karakter Seseorang

3 Fungsi Keluarga Yang Membentuk Karakter Seseorang – Tidak lengkap rasanya hidup di dunia ini jika tanpa adanya kehangatan dalam keluarga. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk dapat bertahan hidup di dunia ini. Karena itualah Tuhan menciptakan makhluknya secara berpasang-pasangan, karena dengan begitu maka akan terjalin sebuah ikatan perkawinan yang menjadikannya sebuah kelompok saudara yang dinamakan dengan keluarga. Banyak sekali fungsi keluarga yang memiliki manfaat yang sangat baik bagi kehidupan seseorang. Maka tak heran jika pada hari raya, hampir semua orang pulang kampung hanya untuk dapat berkumpul bersama keluarga besarnya dalam merayakan hari raya tersebut. Dan ini membuktikan bahwa keluarga memang mesti diutamakan.

3 Fungsi Keluarga Yang Membentuk Karakter Seseorang

Kesuksesan seseorang dalam hidupnya tidak terlepas dari peran keluarga yang telah menjadikannya seorang yang luar biasa dan dapat meraih kesuksesan. Ada beberapa fungsi dalam sebuah keluarga yang dapat membentuk karakter seseorang. Jadi suksesnya seseorang tergantung dari suksesnya sebuah keluarga. Berikut adalah tiga fungsi keluarga yang sangat berpengaruh dalam membantuk karakter seseorang yaitu :

Baca juga : 3 Langkah Fundamental untuk Mewujudkan Cerita Keluarga Bahagia

  1. Dalam bidang agama

Agama adalah hal penting yang menjadi pedoman hidup seseorang. Beberapa aturan serta tata kehidupan di dunia ini di atur dalam agama. Dari keluarga lah ajaran agama pertama kali diberikan. Agama yang dianut seseorang bermula dari didikan keluarganya. Jika keluarganya beragama islam, maka seseorang pun juga akan beragama islam. Termasuk beberapa agama yang lainnya.

  1. Dalam bidang pendidikan

Seseorang akan cepat dalam menyerap ilmu pengetahuan tergantung dari seberapa hebatnya pendidikan dalam keluarga. Dari mulai balita, seseorang diajarkan untuk berbicara, berjalan, serta keterapilan lainnya. Jika yang diajarkan dan dicontohkan orang tuanya salah, maka karakter anak pun akan salah dan masa depannya sudah pasti akan salah. Karena itulah, berikan didikan pada anak dengan memberikan contoh sikap orang tua dan anggota keluarga lainnya dengan baik.

  1. Dalam bidang sosial

Dari mulai didikan keluarga, seseorang mampu bersikap baik terhadap orang lain. Dengan keluarga yang hangat, maka seseorang akan mudah bergaul dengan orang lain. Nah untuk menghangatkan suasana keluarga, tidak ada salahnya untuk meminum teh sariwangi bersama keluarga. Dengan hangatnya teh sariwangi, maka hangat pula suasana dan rasa kebersamaan dalam keluarga.

Advertisements
This entry was posted in Keluarga and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s