Cara Merawat Bak Tempat Cuci Piring

Pada saat kita mencuci piring, seringkali kita hanya terfokus pada kebersihan piring atau gelas yang kita cuci saja dan sering melupakan kebersihan bak tempat mencucinya. Padahal jika kita lihat, bak cucian seringkali menjadi tempat pembuangan sisa makanan dan juga tempat untuk merendam piring atau gelas bersih. Pernahkah kita berfikir bahwa kebersihan tempat cuci piring juga penting karena dari sana juga dapat terjadi pertukaran bakteri atau kotoran yang justru dapat menjadi biang penyakit.

Tempat untuk cuci piring seringkali terbuat dari stainless yang sebenarnya mudah dibersihkan. Namun terkadang karena dengan mengguyur piring atau gelas cucian, stainless sudah terlihat bersih, kita jarang membersihkan lagi lapisannya sehingga dapat timbul kerak terutama di bagian poros pembuangan dan di sudut-sudut bak. Tumpukan sisa sabun juga dapat menyebabkan jamur yang apabila bersentuhan dengan piring atau alat makan dapat mengkontaminasi dan membuatnya kotor kembali. Untuk itu perlu juga membersihkan bak tempat cuci secara berkala dengan menggunakan alat-alat pembersih.

Berikut ini cara membersihkan dan merawat bak pencuci piring agar selalu bersih dan higienis :

  1. Buku poros pembuangan.
  2. Basahi seluruh permukaan bak.
  3. Sikat menggunakan air sabun yang mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.
  4. Sikat menyeluruh terutama bagian pembuangan dan pojok-pojok bak.
  5. Bilas dengan air bersih jika perlu menggunakan air hangat.
  6. Untuk bagian yang sudah terlanjur berkerak, gunakan pembersih kerak sebagai pengganti sabun.

Menjaga kebersihan tempat cuci piring sama pentingnya dengan menjaga kebersihan piring dan gelas itu sendiri. Seringnya alat masak dan alat makan berada di sana untuk dibersihkan menjadi alasan kenapa kebersihannya perlu juga dijaga dan dirawat. Bersihkan bak sesering mungkin termasuk juga di bagian kran air, sabut cuci piring, dan wadah sabun. Anda dapat menggunakan sabun pencuci piring Sunlight untuk mencuci bak setiap hari karena mengandung zat anti bakteri yang efektif membunuh kuman penyakit. Dan buanglah sisa makanan di tempat sampah bukan di bak karena dapat menyumbat saluran pembuangan.

Sumber Terkait : Cara Merawat Tempat Cuci Piring Dengan Baik Dan Benar

Advertisements
This entry was posted in Kebersihan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s